Selasa, 14 Juni 2011

Grojogan Sewu


Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang memiliki banyak objek wisata. Selain Candi Borobudur dan Goa Jatijajar, salah satu objek wisata yang cukup dikenal adalah lokasi wisata Tawangmangu.

Tawangmangu dikenal sebagai obyek wisata pegunungan di lereng barat Gunung Lawu yang bisa ditempuh dengan kendaraan darat selama sekitar satu jam dari Kota Surakarta (Solo). Tempat ini sejak masa kolonial Belanda telah menjadi tempat berwisata. Obyek tujuan wisata utama adalah Air Terjun Grojogan Sewu (tinggi 81 m). Di tempat tetirah ini tersedia berbagai sarana pendukung wisata seperti kolam renang dan berbagai bentuk penginapan



Selain udaranya yang sejuk, keindahan alam disekitarnya tidak kalah menarik dengan kawasan lain di indonesia, terlebih lagi didaerah ini terkenal dengan produksi pertanian penghasil sayur mayur selain dari keberadaan obyek wisata Air Terjun Grojokan Sewu. Tawangmangu sendiri telah menjadi pilihan bagi orang-orang perkotaan untuk membangun villa-villa, maupun berinvestasi dengan mendirikan hotel-hotel & penginapan.

Untuk dapat mencapai lokasi air terjun pengunjung harus berjalan kaki menuruni ratusan anak tangga mulai dari pintu masuk di loket satu atau berjalan kaki melewati hutan pinus lewat loket dua di sebelah barat dari areal komplek wisata dengan kondisi jalanan yang sedikit menanjak. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat menikmati segarnya berenang di air kolam yang dingin maupun bersantai bersama keluarga didalam areal komplek air terjun atau bermain di sungai yang jernih airnya. Di lokasi ini juga terdapat ratusan monyet berekor panjang. Pengunjung dapat memberi makan monyet-monyet secara langsung namun harus berhati-hati karena mereka tergadang ganas bila sedang berebut


Aneka barang kerajinan, souvenir dan makan ringan untuk oleh-oleh khas dari Tawangmangu yang tersaji di warung-warung souvenir sepanjang jalan di luar loket masuk. Tidak lupa bagi yang ingin mencoba menunggang kuda sekedar untuk coba-coba ataupun untuk menempuh perjalanan ke lokasi lain di Tawangmangu, puluhan penyewa kuda dari persatuan Turonggo Karyo siap mengantar pengunjung sampai ke tempat tujuan.

Untuk mencapai lokasi wisata ini, anda dapat melakukan perjalanan dengan kendaraan atau Bus dari Kota Solo dengan Jurusan Tawangmangu. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki atau menggunakan ojek sekitar 500 meter dari terminal Tawangmangu.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, dan memberikan kritik serta saran :