Selasa, 14 Juni 2011

Baturraden


Banyaknya gunung berapi di Indonesia telah membawa berkah tersendiri bagi negeri ini. Bukan hanya membuat daerah sekitarnya subur namun juga keberadaan gunung berapi mampu membentuk daerah-daerah wisata yang dapat anda nikmati.

Salah satu lokasi wisata di lereng gunung berapi adalah lokasi wisata Baturraden. Baturraden terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet tepatnya di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Identik dengan lokasi wisata di lereng gunung, Baturraden menawarkan kesejukan dan kesegaran udaranya serta panorama alam yang indah. Maka tidak heran jika daerah ini merupakan salah satu lokasi perkemahan yang diminati oleh para pecinta alam. Bukan hanya keindahan alamnya, Baturraden juga menawarkan sumber air panasnya yang tidak kalah menarik bahkan sudah menjadi icon tersendiri bagi lokasi wisata ini.

Batu-batu yang terbentuk indah karena aliran sumber air panas di lokasi wisata ini akan menambah eksotisnya perjalanan wisata anda ke Baturraden. Anda juga bisa mandi dan menikmati sumber air panas ini karena dipercaya akan menyembuhkan berbagai penyakit kulit.



Pemandian air panas terbagi menjadi dua bagian, yakni pemandian yang terletak dalam ruangan tertutup dan berada lebih dekat dengan pintu gerbang, atau pemandian air panas yang terletak +/- 500 meter dari pintu gerbang yang berupa sebah kolam pemandian terbuka dengan tiga buah pancuran air panas sehingga dikenal dengan sebutan Pancuran Telu. Untuk mencapai pemandian Pancuran Telu ini, pengunjung mesti berjalan dulu kebagian dalam atau sisi lain dari bukit/lembah yang ada pada lokasi ini. Meskipun pemandian air panas pancuran telu ini berada ditempat terbuka, pengunjung mesti membayar uang lagi untuk masuk ke lokasi tersebut.

Seperti layaknya pemandian air panas lainnya, air pancuran telu dipercaya mengandung mineral-mineral yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit atau rematik. Warna batu yang coklat kemerah-merahan menunjukkan setidaknya air yang ada, kaya akan unsur belerang. Sebuah papan peringatan disalah satu sudut lokasi ini, berisi tulisan peringatan demi kesehatan yaitu agar tidak berendam lebih dari 15 menit. Bila pengunjung sudah selesai berendam air panas, bisa beralih mandi dibawah pancuran air dingin yang juga tidak jauh dari lokasi perendaman.

Selain Pancuran Telu, ada juga Pancuran Pitu yang lokasinya berada disebelah atas pancuran Telu.



Udara yang sejuk dan alam yang indah ini juga telah banyak mengundang para investor untuk mengembangkan lokasi wisata ini dengan banyaknya didirikan hotel dan villa-villa sehingga memudahkan bagi para wisatawan mencari akomadasi yang dibutuhkan untuk menikmati lokasi wisata ini lebih lama.

Baturraden dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jarak dari kota Purwokerto sekitar 20 km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan lalu lintas yang tidak terlalu padat. Apabila ingin menggunakan kendaraan umum wisatawan dapat naik angkutan kota dari terminal di Purwokerto dan turun di terminal lokawisata Baturraden. Jika ingin lebih praktis wisatawan dapat menggunakan taksi. Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya hati-hati karena jalan yang menanjak dengan kemiringan sekitar 30 derajat.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, dan memberikan kritik serta saran :